Evangelism Unlimited

NKI 290 “Keselamatan Yang Luas” Flashback

NKI 290 “Keselamatan Yang Luas” Flashback

6 10 99
NKI 290 “Keselamatan Yang Luas” Flashback 10 6 99
Beberapa Kota besar di Indonesia yang pernah saya kunjungi, saya sering kali melihat sekumpulan orang berjalan bersama memakai seragam putih-putih lengkap dengan topi dan pangkat kemiliteran menempel di bahu bajunya. Awalnya saya berfikir kumpulan orang tersebut adalah taruna –taruni Pelaut yang keluar dari asrama ataulah segolongannya, namun setelah saya menelusuri dan mendapat penjelasan dari beberapa rekan, ternyata mereka sedang menuju sebuah peribadatan. Mungkin karena seragam atau lingkungan adaptasi saya, tidak jarang rekan saya menambahkan penjelasan “Ah, aliran sesat”  dan saya pun terdiam menyetujui dalam hati saat itu.

Dulu waktu masih sekolah/kuliah, di beberapa tempat saya juga  mendengarkan kotbah tentang gereja yang mempunyai ajaran tidak melaksanakan perjamuan kudus dan melaksanakan pembaptisan dengan melayangkan bendera, yang membuat saya seolah-olah sangsi tentang ajaran ini karena “mungkin” hanya melihat sepintas tanpa mengetahui alasan dibaliknya.  

Di Indonesia mungkin ada yang tahu tentang Rumah Sakit Umum “William Booth” di Semarang dan Surabaya, ataukah Rumah Sakit Ibu dan Anak “Catherina Booth” di Makassar? Yah Rumah Sakit ini selain melayani pasien untuk berobat, juga memiliki misi sosial dalam menyebarkan kabar keselamatan yang menerima-Nya di Dunia.

Ketiga cerita saya diatas menjurus kepada satu denominasi yakni Gereja “Bala Keselamatan” yang berasal dari Inggris. Bala Keselamatan didirikan Oleh William Booth pada saat terjadi revolusi di Inggris dari agraris-feodalistik ke industrialis-demokratis. Waktu itu,  banyak gereja yang tidak siap menghadapi akan perubahan tersebut. Perubahan status sosial yang cepat dan kesenjangan sosial menyolok, membuat  masyarakat terpisah menjadi sangat maju buat kaum bangsawan dan sangat terbelakang bagi kaum buruh.

Sementara Gereja sibuk dengan dogma-nya, Kaum miskin, Pemabuk, Narkoba, WTS dan mantan Napi sama sekali tidak tersentuh. William booth (lahir 10 april 1829) merasa terpanggil untuk menginjili mereka di jalan-jalan. Ia  membuat Lembaga Kerohanian dan mengumpulkan relawan melayani kaum ini. Singkat cerita, Lembaga ini sangat berkembang dan menjadi sebuah aliran denominasi yang disebut “Bala Keselamatan”. Walaupun gereja akhirnya sadar akan kekurangannya, gereja mapan mulai melakukan hal yang sama. Namun kerena eksistensi Bala Keselamatan dalam pelayanan sosial, denominasi ini banyak mendapat simpati dari siapa saja di banyak negara .

Bersama istri, Catherina Booth dan tim relawan, mereka melayani  bukan didalam  gedung Gereja (tidak menggereja) dan menanamkan sikap anti alkohol  (anggur). Itulah salah satu sebabnya sampai sekarang “Bala Keselamatan” tidak minum anggur perjamuan (sakramen), karena takutnya jika seorang petobat  merasakan kembali dan melakukan ulang kegiatan memabukkan.


Mereka meniru gaya prajurit untuk berperang melawan dosa, kejahatan dan bersatu memperbaiki kehidupan lebih baik. Menggunakan peraturan disiplin militer dan penuh metafora kemiliteran, termasuk jenjang kepangkatannya dan pakaian seragam serta perlengkapan lainnya. Setiap orang yang terpanggil maka hendaknya mengucapkan janji  yang sungguh-sungguh dihadapan Tuhan (Kis  2:38 ;Kis 19:5) dan akan dilayangkan bendera sebagai tanda penerimaannya kepada Kristus sang Juruslamat.

Komisaris Theodore Kitching mengatakan bahwa tahun 1844 suatu pagi pukul 6:00, Ia tiba di rumah Pendiri “Bala Keselamatan “. Ia bertemu William Booth yang telah menyelesaikan ayat-ayat dari   “O Boundless Salvation “  sepanjang malam itu. O Boundless Salvation erat kaitannya dengan hymne  ‘My Jesus, I Love Thee’  dan pertama kali dipromokan dalam Kampanye Penginjilan di Exeter Hall, London 1893.   William Booth memperlihatkan  kembali di depan publik untuk terakhir kalinya pada perayaan ulang tahun ke-83 nya, di Royal Albert Hall, London, 9 Mei 1912.  Dalam buku NKI no.  290 dari Yayasan Kalam Hidup diterjemahkan dengan judul “ Keselamatan Yang Luas”. 

Musik awalnya di komposeri oleh J.Ellis di abad ke 19, namun tidak ada keterangan yang menjelaskan  tentang dirinya.

Kongres Bala Keselamatan 2015, Sumber : boundless2015.org
Kongres Bala Keselamatan tahun 1965 di Royal Albert Hall, kembali digaungkan lagu ini dalam versi modern yang di arrensemen oleh komisaris Dean Goffin dan diiringi oleh International Staff Band. Pada  tanggal 1 Juli 2015,  Kongres Internasional Bala Keselamatan di Inggris  memperingati 150 tahun hari jadinya,  Semua Lagu karangan William Booth, diantaranya “O Boundless Salvation”  diperbaharui cetakannya tanpa ada perubahan 7 ayat sebelumnya. Mereka menyanyikan bersama sambil mengibarkan bendera Darah dan Api.


Saya pribadi terperengah dengan kalimat pertamanya “Kes’lamatan luas samud’ra terbesar,  Rahmat yang melimpah di dunia yang cemar” sehingga meruntuhkan perasaan awal bahwa aliran ini adalah menyimpang. Saya tidak pernah mengarang Lagu rohani dan  sangat terbatas dengan teologia, tetapi simpel saya berfikir, dari segi pujian penyembahan, bagaimana mungkin sekarang saya sering menyanyikan hymne kepada Tuhan dari Seorang pendiri aliran sesat? Ekstremnya, kalaulah Kalam Hidup “keliru” dan hymne ini dikeluarkan dari NKI, sangsikah saya dengan kalimatnya? Ataukah saya yang selalu mempengaruhi dan menyesatkan pikiran pribadi?   Terimakasih, Pujian ini memberikan saya jawaban, walaupun melalui proses yang panjang!

Karena jika yang seorang berkata: "Aku dari golongan Paulus," dan yang lain berkata:"Aku dari golongan Apolos," bukankah hal itu menunjukkan, bahwa kamu manusia duniawi yang bukan rohani? (1 Kor 3:4)
      

Simak Teks lagunya dalam Bahasa Inggris

O Boundless Salvation
1.O boundless salvation! deep ocean of love,
    O fullness of mercy, Christ brought from above,
    The whole world redeeming, so rich and so free,
    Now flowing for all men, now flowing for all men,
    Now flowing for all men, come, roll over me!

2. My sins they are many, their stains are so deep,
    And bitter the tears of remorse that I weep;
    But useless is weeping; thou great crimson sea,
    Thy waters can cleanse me, thy waters can cleanse me,
    Thy waters can cleanse me, come, roll over me!

3. My tempers are fitful, my passions are strong,
    They bind my poor soul and they force me to wrong;
    Beneath thy blest billows deliverance I see,
    O come, mighty ocean, O come, mighty ocean,
    O come, mighty ocean, and roll over me!

4. Now tossed with temptation, then haunted with fears,
    My life has been joyless and useless for years;
    I feel something better most surely would be
    If once thy pure waters, if once thy pure waters,
    If once thy pure waters would roll over me.

5. O ocean of mercy, oft longing I’ve stood
    On the brink of thy wonderful, life giving flood!
    Once more I have reachèd this soul cleansing sea,
    I will not go back, I will not go back,
    I will not go back till it rolls over me.

6. The tide is now flowing, I’m touching the wave,
    I hear the loud call of the Mighty to Save;
    My faith’s growing bolder, delivered I’ll be;
    I plunge ’neath the waters, I plunge ’neath the waters,
    I plunge ’neath the waters they roll over me.

7. And now, hallelujah! the rest of my days
    Shall gladly be spent in promoting His praise
    Who opened His bosom to pour out this sea
    Of boundless salvation, of boundless salvation,
    Of boundless salvation for you and for me.



Kutipan NKI No.290 (Sumber buku NKI @ Yayasan Kalam Hidup)

Keselamatan Yang Luas
1  Kes’lamatan luas samud’ra terbesar
    Rahmat yang melimpah di dunia yang cemar
    Karunia indah dib’rikan kepada kita
    S’karang dicurahkan s’karang dicurahkan
    S’karang rahmat Tuhan banjiri hatiku.

2  Jika ku teringat kan dosa yang keji
    Air mata berlinang kar’na pilu hati
    Tangis tak berguna ku lari pada Yesus
    Dosaku diampuni dosaku diampuni
    Sebab rahmat Yesus banjiri hatiku.

3  S’karang haleluyah seumur hidupku
    Kunyanyikan pujian bagi nama Hu
    Yang buka sumber kasih-Nya Hu luas limpah
    Kasih yang tak terduga kasih yang tak terduga
    Kasih Tuhan mari banjiri hatiku.


Note:
- Dikelola dari berbagai sumber
- Ref. Kongres Bala Keselamatan 150 tahun   www.boundless2015.org/boundless/home

Evangelism Unlimited : Manasje Malan ; Yuli Bonggatasik (editor)

Baik Untuk Dibaca
Influence 
Menghadapi Tekanan Dari Rekan Kerja 



0 komentar:

Posting Komentar

 
LONGORI PORTAL © 2012-2018. All Rights Reserved. Design by Malan_Family - www.kibaidlongori.org
Top