Evangelism Unlimited

Memahami Arti Hidup

Memahami Arti Hidup

6 10 99
Memahami Arti Hidup 10 6 99
Mazmur 37:24-26  apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab TUHAN menopang tangannya.
Dahulu aku muda, sekarang telah menjadi tua, tetapi tidak pernah kulihat orang benar ditinggalkan, atau anak cucunya meminta-minta roti;
tiap hari ia menaruh belas kasihan dan memberi pinjaman, dan anak cucunya menjadi berkat.

Masyarakat yang majemuk dan dengan kompetensi yang berbeda membuat dunia ini kaya dengan warna hidup. Namun begitu banyak orang hidup di dunia ini tidak menyadari apa arti kehadirannya di dunia ini. Masing-masing disibukkan dengan prinsip memenuhi kebutuhan pribadi sehingga lupa akan maksud Tuhan buat kehidupannya.
Ayat  25 ini menunjukkan kesimpulan dari perjalanan raja Daud secara utuh. Ia menyadari bahwa kehidupan hanya sekali saja di dunia sehingga apa yang telah dilewati akan menjadi pelajaran berharga.
Ada 4 yang menjadi makna hidup dalam pejalanan Daud yang harus dimengerti :

1.Hidup ini penuh dengan perubahan,  (Dahulu aku muda, sekarang telah menjadi tua,).
Perkembangan dan pertumbuhan telah membuka cakrawala untuk mengetahui banyak hal, segala perubahan yang terjadi harus selalu di sikapi dengan bijaksana. Bukan sesuatu yang harus dihindari sehingga kita terbatas dalam bersikap. Selalu terbaharukan dalam hal pelayanan dan iman   menjadikan kualitas meningkat dalam kehidupan sekuler dan rohani. Seperti kata orang pintar bahwa sebaiknya tidak tinggal dalam zona nyaman yang membuat hidup apatis tanpa ada beban untuk melayani, tetapi hendaknya selalu kreatif untuk memajukan kehidupan rohani.

2.Hidup adalah suatu perenungan. Pengalaman raja Daud merenungkan dgn kacamata iman melihat bahwa Allah tidak pernah meninggalkan kehidupan orang yang benar dan yang menaruh harap kepada Tuhan. Hidup yang kita jalani harus kita evaluasi sejauh mana kita melibatkan Tuhan dalam kehidupan kita, sehingga  kekuatan dan  potensi yg masih ada kita pakai untuk kemuliaan Tuhan selain  untuk masa depan anak dan cucu kita. Manusia  harus bekerja untuk kelangsungan hidup namun haruslah ada waktu untuk melakukan apa yg menjadi kemuliaan Tuhan.

3. Hidup adalah perjanjian, bagian Firman Tuhan telah dikatakan bahwa mata Tuhan tetap tertuju kepada kehidupan orang benar, ketika Abraham dipanggil keluar dari Urkasdim Tuhan selalu menyertai kehidupannya dan berjanji untuk memberkati semua keturunannya. Sekarang kita tetap melihat janji itu melekat bagi orang percaya dan untuk itu jadilah seorang yang juga diberkati untuk keturunanmu anak cucumu. Janji Tuhan akan dinyatakan dalam setiap kehidupan org percaya.

4. Hidup adalah perjuangan, Sering kita menyaksikan atlet lari olimpiade yang mengalami kram kaki sebelum masuk finish dan tidak sedikit yang mempunyai mental juara selalu tetap melanjutkan sampai di garis finish. Seorang pelari terkenal mengemukakan alasan kenapa ia tetap melanjutkan berlari walau mengalami kesakitan luar biasa, ia berkata bahwa negaranya mengirim dirinya untuk menyelesaikan seluruh pertandingan dengan baik walau ia sudah tidak juara pertama lagi tetapi ia berusaha mengemban misi yang sudah ada di pundaknya.
Minggu lalu Marc Marquez pembalap motor GP urutan pertama saat ini, terjatuh  pertengahan lap yang diadakan di San Marino Italia, walau motornya sempat mogok ia berusaha bangkit kembali bahkan sempat mengalahkan beberapa pembalap lainnya sehingga menyelesaikan finish dengan baik.
Kita orang percaya pun kadang mundur dari persekutuan atau pelayanan yang kita sudah lakukan dari awal karena konflik dipertengahan. Membiarkan pelayanan menjauh adalah pilihan yang kurang tepat!

By : Pdt. Agustinus Genggong ,STh
Gembala I GKJ Pomalaa


Baik Untuk Dibaca
Portal English
Portal Flashback Songs 
Portal Administrator 

0 komentar:

Posting Komentar

 
LONGORI PORTAL © 2012-2018. All Rights Reserved. Design by Malan_Family - www.kibaidlongori.org
Top