Evangelism Unlimited

Kecemasan di Masa Tua

Kecemasan di Masa Tua

6 10 99
Kecemasan di Masa Tua 10 6 99
Masmur 71:1-11
Secara fisik usia tua pastilah dibarengi dengan kulit kendur, wajah bergaris, rambut putih, performa tulang menurun dan seterusnya. Tentu di jaman modern ini banyak hal yang dilakukan orang-orang untuk meredam lajunya percepatan reaksi tersebut. Walau secanggih apapun yang dilakukan, fakta Firman Tuhan menyatakan bahwa semuanya itu ada batasnya.
Ada beberapa point yang kadang menjadi sumber kecemasan orang tua sehingga membuat laju kelihatan tua itu seperti bebas di jalan tol, diantaranya jauh dari anak-anak, anak-anak yang sudah besar dan lebih pintar kadang sangat mudah untuk membantah atau memberontak, kehidupan keluarga yang kurang harmonis, dan tingginya tekanan hidup di lingkungan sekitar.

Sesuai teks firman Tuhan dalam kitab masmur, ada cara yang sebaiknya dilakukan untuk mengalahkan kecemasan dimasa tua itu :
1.    Berharap pada Tuhan semata, ayat 5,7 dan 8
Ketika keturunan itu mulai tidak lagi mempedulikan kehidupan orang tuanya, banyak dari orang tua selalu berharap lebih dari anak-anaknya. Hal ini manusiawi untuk kehidupan, namun kadang tumpuan harapan orang tua tersebut sangatlah berlebihan, sehingga harapan itu seperti momok yang menggerogoti pikiran sehat.  Ingatlah bahwa sejak Tuhan mengijinkan manusia percaya lahir, Tuhan samasekali tidak pernah meninggalkan kehidupan umat ketebusan. Selalu ada cara yang kadang tidak masuk akal mengisi hidupmu, bahkan di masa tua jika harapan itu diarahkan kepada Tuhan bukan mustahil semua yang dibutuhkan akan diberikan kepadamu.

2.    Mulut Penuh Puji-pujian ayat 9
Alkitab banyak mengajarkan bagaimana supaya kita berada dalam positif mindset, ini menjadi penting supaya dalam setiap kondisi apapun kita tidak bersungut-sungut. Bahkan dalam hal keterpurukan sekalipun kita bisa mengambil sesuatu yang positif  untuk membuat maju kedepan. Pujian penyembahan menunjukkan bahwa kita selalu bersyukur akan apa yang ada, dan orang – orang di sekitar akan merasa keberkatan jika kita hadir didalamnya.

3.    Berserah dan bersandar  kepada Tuhan ayat 1 dan 4
Ada kuasa selain didalam Tuhan yakni kuasa kegelapan. Tentunya hal-hal mistis bisa memasuki kehidupan, bahkan kadang memerlukan pengorbanan yang menjerumuskan. Pesan pemasmur agar kehidupan itu selalu ada didalam kuasa Tuhan, sebab janji keselamatan itu tidak akan lekang oleh waktu jika kita bersandar terus di dalamNya. Sukacita surgawi pastilah akan selalu menunggu kehidupan  manusia percaya, yakinlah!

By : Pdt Aris Mangosa    Profile Penulis

Baik Untuk Dibaca
Portal Administrator
Portal Sahabat
Portal KIBAID

0 komentar:

Posting Komentar

 
LONGORI PORTAL © 2012-2018. All Rights Reserved. Design by Malan_Family - www.kibaidlongori.org
Top