Evangelism Unlimited

NKI 299 "Selalu Hu Gembalaku" Flashback

NKI 299 "Selalu Hu Gembalaku" Flashback

6 10 99
NKI 299 "Selalu Hu Gembalaku" Flashback 10 6 99
Mungkin dari setiap pasal dalam kitab mazmur, pasal 23-lah yang paling familiar kita dengarkan, bahkan dalam musik pun pasal inilah yang paling banyak digunakan sebagai lirik dengan arrensemen berbeda dari sepanjang jaman.

Di Inggris, sewaktu masa pemerintahan Ratu Mary I (1553-1558), sejumlah besar jemaat Protestan melarikan diri ke daerah Eropa lainnya untuk menghindari penganiayaan. Di sana , di bawah pengaruh Luther dan Calvin, mereka mulai menyanyikan mazmur.

Selama di kawasan Eropa ini, Lirik / teks masmur 23  cukup termasyhur, sehingga ada tiga buah teks karya jaman itu untuk masmur 23. NKI  no. 299 sendiri menggunakan The Scottish Psalter 1650 (penulis : Pemasmur Schotlandia Tahun 1650) yang dibuat di Schotlandia dan disetujui oleh Majelis Umum Gereja tahun 1650. Teks Psalter 1650 ini awalnya merupakan karya seorang musisi Francis Rouse yang menyelesaikan teksnya sekitar tahun 1644. Dalam selisih waktu 6 tahun tersebut (1644 - 1650), gereja mempercayakan dua team untuk mengkaji ulang  dan menimbang dengan sangat hati-hati seluruh teks  yang ada. Hal ini dilakukan oleh pihak gereja untuk menghindari kasalahan dan memahami secara harfiah dari sumber asalnya, masmur  bahasa Ibrani asli.

Pekerjaan  kedua team ini menghasilkan  revisi yang hanya berisi sebagian kecil dari teks asli Francis Rouse (Rous). Sebaliknya, apa yang muncul adalah gabungan kerja tinjauan komite  ditambah teks yang diambil dari beberapa Psalters lain yang beredar pada saat itu, sehingga jadilah lagu “The Lord Is My Sheperd” atau dalam terjemahan NKI “Selalu Hu Gembalaku” dan familiar juga  disebut “ The Scottish Psalter 1650” 

Meskipun ada keraguan untuk beberapa waktu tentang komposer Mazmur 23  ini, namun pada akhirnya dipahami bahwa melodi diciptakan sekitar tahun 1870 oleh Jessie Seymour Irvine (1836-1887).
Putri Seorang Pastor Paroki ini terlahir dengan tradisi Schotlandia yang kuat dan berbakat, sehingga cendrung berkarya menghasilkan lagu masmur berirama (singable versions).  Erik Routley mencatat bahwa  lagu masmur ini tidak biasa di antara lagu-lagu mazmur lainnya di Skotlandia karena dua alasan yaitu :  satu-satunya yang diketahui telah di-arrensemen oleh seorang wanita dan  satu-satunya yang menggunakan perangkat musik "Sequence"

Ketika Mary meninggal dan Elizabeth I naik tahta, sebagian jemaat yang melarikan diri kembali ke Inggris dan juga membawa lagu-lagu mazmur mereka. Lagu ini pertama kali dicetak tahun 1872 oleh George Washington Doane  dan semenjak tahun 1936 sering dipromosikan oleh “Glasgow Orpheus Choir”.

Lagu ini mulai populer setelah tampil di dua kesempatan akbar pasca-Perang Dunia II royal di Inggris. Pertama, waktu  pernikahan Putri Elizabeth dengan Pangeran Philip di Westminster Abbey pada tahun 1947 dan waktu perayaan ulang tahun perak pernikahan Raja George VI dengan Ratu Elizabeth di St Katedral Paulus pada tahun 1948.


Berikut kutipan Teks Inggris  “The Lord’s my shepherd”
(—Psalm 23; vers. Scottish Psalter, 1650)

The Lord’s my shepherd; I’ll not want.
He makes me down to lie
in pastures green; he leadeth me
the quiet waters by.

My soul he doth restore again,
and me to walk doth make
within the paths of righteousness,
e’en for his own name’s sake.

Yea, though I walk in death’s dark vale,
yet will I fear no ill;
for thou art with me, and thy rod
and staff me comfort still.

My table thou has furnished
in presence of my foes;
my head thou dost with oil anoint,
and my cup overflows.

Goodness and mercy all my life
shall surely follow me;
and in God’s house forevermore
my dwelling place shall be.


NKI No.299 (Kutipan @Yayasan Kalam Hidup)
SELALU HU GEMBALAKU

Selalu Hu, Gembalaku,
B’ri hatiku senang
Di padang hijau di tepi
Telaga air tenang

Dib’ri-Nya jiwaku segar
Dan kar’na nama-Nya
Ditunjukkan-Nya jalanku
Yang lurus dan baka

Tak usah takut hatiku
Di lembah maut gelap
Kuturut saja tongkat-Nya
Penghiburan tetap

Kau panggil ke perjamuan
Sedia mejaku
Kepalaku Kau urapi
Dan cawanku penuh

Ku disertai rahmat-Nya
Seumur hidupku
Dan tempat diamku kekal
Di rumah Tuhan Hu

Note:
Punya referensi  tambahan tentang sejarah lagu Nyanyian Kemenangan Iman  No 299
 “ Selalu Hu Gembalaku”? Silahkan email di laman kontak, kami akan sertakan nama anda sebagai penyumbang tulisan Longori Portal.

Evangelism Unlimited : Manasje Malan; Yuli Bonggatasik (Editor)


Baik Untuk Dibaca
Sejarah Lagu Rohani "Peperangan Siksa Tlah Lalulah"
Sejarah Lagu Rohani "Yesus Hidup" 

0 komentar:

Posting Komentar

 
LONGORI PORTAL © 2012-2018. All Rights Reserved. Design by Malan_Family - www.kibaidlongori.org
Top