Evangelism Unlimited

Menang Atas Prahara Kehidupan

Menang Atas Prahara Kehidupan

6 10 99
Menang Atas Prahara Kehidupan 10 6 99
Kis 27:10-26
Pembaca pasti pernah mengingat cerita salah satu manusia Pilihan Tuhan untuk membawa bangsa Israel keluar dari Mesir yaitu Musa,
Ia pernah meminta kepada Tuhan untuk menyerah kepada keinginan bangsa Israel waktu bangsa itu mengeluh karena penderitaan bangsa tersebut  dalam perjalanan ke Israel.

Setiap orang "mungkin" pernah menyerah terhadap kondisi yang dihadapi, namun mari kita melihat apa yang kitab  Rasul Paulus katakan untuk melewati dan menuju kemenangan dalam menghadapi prahara itu:

1. Menyadari keterbatasan diri dan membiarkan campur tangan Tuhan, ayat 16-20
Diceritakan bahwa Juru mudi dan ABK Kapal adalah orang yang profesional secara disiplin ilmu,skill, kecakapan dan pengalaman, yang pastinya mempunyai wawasan tentang ilmu kelautan dan perkapalan.
Keprofesionalan ini tidaklah menjamin akan keselamatan kapal dalam menghadapi kejamnya badai lautan, sehingga putuslah harapan mereka. Mereka memiliki keterbatasan diri namun bersyukur karena ada
duta Allah bersama mereka yaitu paulus yang ikut dalam perjalanan tersebut.

2. Mendengarkan Nasehat orang lebih Rohani, ayat 10-11;14-21
Jurumudi dan ABK merupakan lambang manusia yang profesinal tetapi mempunyai sifat kedagingan yang lebih, sementara Paulus sebagai duta Allah yang memberitakan firman itu untuk sebagai kebenaran.
Lalu bagaimana jika kasus yang terjadi seperti buah simalakama, diambil rusak tidak diambil pun tetap rusak??
Dalam etika kekristenan ada cara yang ditempuh yakni berdoa meminta hikmat, mengikuti perintah Tuhan dan sharing kepada orang yang memiliki hikmat contohnya anda sakit minta petunjuk dokter, stress tanyakan ke psikiater, sakit rohani tanyakan kepada gembala. Setidaknya ini adalah jalan yang ditempuh untuk bisa meminimalisir permasalahan yang ada.

3. Sabar dalam menghadapi tantangan  tersebut dalam menantikan janji Tuhan ayat 22-25
Dalam nasehat Paulus yang terakhir bahwa dalam kegetiran yang terjadi, semua crew kapal hendaknya sabar dan berserah kepada Tuhan, karena kedatangan malaikat kepada Paulus
diberitahukan bahwa mereka semua harus bersabar karena Tuhan tidak akan melepaskan semua penumpang kapal walau kapal itu hancur.
Pernah atau sementara atau akan datang prahara dalam kehidupan, ingatlah selalu pesan kitab Paulus kepada pembaca. Dan tidak terbatas dalam hal tersebut, negara kita juga adalah kapal yang kadang menghadapi prahara, doakanlah supaya orang-orang yang merupakan duta Allah bisa bekerja baik didalamnya.

By : Pdt. Aris Mangosa, STh  Profile Penulis
Editing : Administrator

Baik Untuk Dibaca
Link Pdt. Aris Mangosa
Link Pdt. Markus Lingga
Link Pdt. John Dana
Link Pdt. Pither Pakka

0 komentar:

Posting Komentar

 
LONGORI PORTAL © 2012-2018. All Rights Reserved. Design by Malan_Family - www.kibaidlongori.org
Top