Evangelism Unlimited

Melihat Splitter VGA Sebagai terminal Ekstensi Kabel VGA

Melihat Splitter VGA Sebagai terminal Ekstensi Kabel VGA

6 10 99
Melihat Splitter VGA Sebagai terminal Ekstensi Kabel VGA 10 6 99

Kebanyakan dari operator atau teknisi komputer, memiliki Splitter VGA untuk mendapatkan tampilan multimedia lebih dari satu monitor, apalagi gereja yang sudah sangat besar dan membutuhkan 2 sampai 5 monitor untuk ditampilkan bersamaan.
Awalnya Admin menyepelekan hal ini, karena selain gereja tempat admin hanya 1 projektor, juga dana untuk multimedia ini sangatlah mahal bagi gereja yang jemaatnya tidaklah besar.
Nah kembali ke permasalahan, mari kita melihat fungsi spliter VGA dari sisi yang berbeda dan seberapa pentingkah spliter VGA ini dimiliki gereja untuk multimedia???

Kabel VGA antara PC/laptop ke projector/LCD walau 1 buah point to point kadang kala sangatlah panjang (20-30 meter tergantung luas ruangan)untuk digunakan,jika pendek maka otomatis projector harus berdampingan dengan operator sehingga selain operatornya  kadang grogi, juga kadang ikut meramaikan mimbar saat ibadah.
Nah saat kabelnya panjang dengan tempat yang rumit maka setiap memulai dan selesai ibadah, tugas operator bertambah pekerjaan yakni menebar dan menggulung kabel VGA itu pada bagian ujungnya atau keseluruhan sehingga menjadi tidak praktis?!

Apa efek yang ditimbulkan ketika kabel VGA panjang sering digulung :
- Bagian Kabel akan ada yang patah sehingga bisa warna yang di timbulkan tidak sesuai atau bahkan tampilan menjadi hilang.
- Pekerjaan Operator memakan waktu untuk membentangkan dan menggulung ulang
- Praktis jika kabel panjang VGA sering bermasalah jadi sering diganti (setahun bisa 2 kali) dan menimbulkan cost yang mahal untuk kabel ini (untuk 30 meter bisa mencapai Rp 400.000).
- Bisa hanya mengganti head VGA tapi akan memakan waktu dan kadang kurang maksimal.

Menyiasati itu semua, maka operator bisa membeli spliter VGA (4 port standar sekitar Rp 90.000) untuk sebagai terminal ekstensi ke laptop.Caranya?? Kabel panjang VGA anda antara projektor dan splitter anda pasang permanen bisa lewat plafon atau jalur kabel yang permanen sehingga tidak sering di sentuh. Ujung salah satunya kabel anda colokkan pada input projector permanen biasanya digantung.  Ujung kabel yang lain, anda colokkan pada Output spliter VGA yang dipasang permanen pula (bisa di dinding atau meja permanen).  Nah dengan demikian kita tidak usah lagi sering menggulung atau menebarnya setiap ibadah.

Lalu laptopnya/PC dimana??? Inputan spliter VGA-nya anda gunakan kabel pendek biasanya ikutan projektor sekitar 1-2 meter ke sisi laptop, yes kabel VGA pendek itulah yang digunakan pasang colok, jadi kabel ini jika rusak anda tidak akan membeli mahal (1-2 meter sekitar Rp 60.000) seperti kabel VGA panjang. Dan tentunya dengan demikian selain kerja operator sedikit lebih ringan, jika ada penambahan monitor atau display operator sewaktu acara akbar tinggal mencoloknya di output VGA yang bisa sampai 4 output bahkan lebih!
Lebih jelasnya lihat gambar berikut

Klik Untuk memperbesar

Yah sedikit lebih praktis dan murah bukan (hitung sendiri dehhhh ?)??

Nb:
-Selain cara diatas bisa juga gunakan  wireless atau kabel utp dari projector ke Laptop, tentu dibahas di sesi lain.
-Ini bisa tidak berlaku bagi pasangan projector dan PC yang telah permanen

Selamat mencoba!

 







Evangelism Unlimited : Manasje Malan;Yuli Bonggatasik (editor) Lihat Profile Penulis


Baik Untuk Dibaca
Video Motion Untuk EasyWorship
Live Handycam Easyworship
Kabel LAN untuk Projector 
5 Comments
Comments
  1. Shalom ka Mo tanya kalau layarnya itu di bagi ada yang buat jemaat sama yang di altar gmana yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tampilannya sama, gunakan spliter spt gambar diatas, outputnya bisa jadi dua ato lebih tergantung brp layar dibutuhkan cari spliter yg murah saja!GB

      Hapus
    2. kalau tampilannya beda ka gmna yah? apakah pakai splitter itu bisa?

      Hapus
    3. spliter hanya tuk duplikat, tp kl tampilan beda dr prog. presenterx! mis. pakai easyworship, bs gunakan menu foldback tuk tampilkan setengah lagu didepan yg dibaca singers!! Jd tampilan tulisan buat jemaat dan singers sedikit beda!!!GB

      Hapus
  2. Syalom. Cara untuk menggunakan foldback bagaimana ya?

    BalasHapus

 
LONGORI PORTAL © 2012-2018. All Rights Reserved. Design by Malan_Family - www.kibaidlongori.org
Top