Evangelism Unlimited

Mikaelin kirkko dan Turun Tuomio kirkko

Mikaelin kirkko dan Turun Tuomio kirkko

6 10 99
Mikaelin kirkko dan Turun Tuomio kirkko 10 6 99

Kesempatan yang diberikan Tuhan melalui Company admin untuk tugas ke Eropa tepatnya di kota Turku, Helsinki, Finlandia tidak  disia-siakan untuk berkunjung di beberapa Gereja yang cukup terkenal di sana. Tujuan utama di-upload-nya tulisan ini semata-mata untuk memberikan spirit kepada Jemaat Tuhan di Indonesia yang baru/ proses/ finishing, mainteinance bahkan rebuild pembangunan gedung gereja, dan agar supaya kembali bersemangat meraih mimpi yang tinggi seperti yang dialami oleh kedua gereja ini setelah mengalami kehancuran. 

Sesungguhnya ini bukanlah tulisan asli admin tetapi hasil kelola dari berbagai literature (magazine of turku, bulletin gereja setempat, wawancara langsung pemandu visitor dan Wikipedia).  Namun capture adalah 100 persen jepretan admin walau hasilnya kurang memuaskan dengan kamera pocket.


Gereja Michael ( Finlandia : Mikaelin kirkko , Swedia : Mikaelskyrkan )

Gereja ini  adalah sebuah gereja terletak di pusat kota Turku dan dinamai malaikat Michael yang selesai pembangunannya pada tahun 1905 . Menghiasi cakrawala bagian barat kota Turku yang dirancang oleh Profesor Lars Sonck dan merupakan  gereja pernikahan yang paling populer di Turku dimana mampu menampung 1.800 orang .
Pembangunan diawali ketika Lars Sonck memenangkan kompetisi arsitek untuk gereja pada tahun 1894 , padahal waktu itu dia hanyalah seorang mahasiswa arsitektur berusia 23 tahun . 
Lars Sonck  memberi nama untuk desainnya " Soli Deo gloria aeterna " -Untuk kemuliaan kekal Allah - Yang secara ringkas mengungkapkan  tujuan dan fungsi gereja .

Arsitektur
Gereja Michael adalah contoh yang khas dari gaya neogotik dalam arsitektur . Ini adalah Gereja panjang dengan tiga gang , galeri dan podium paduan suara multifaset . Selain pintu masuk utama ada juga pintu di setiap sudut gereja .
Sakristi ini terletak di belakang paduan suara . Puncak menara utama naik ke ketinggian 77 meter dari yayasan yang ada dibawahnya .
Bahan bangunan utama dari dinding gereja adalah batu bata merah. Atapnya terbuat dari tanah liat hijau dan batu tulis dari Norwegia . Namun, sebagian besar bahan yang digunakan dalam pembangunan gereja adalah bahan asli dari Finlandia . Untuk yayasan, tangga batu , dan dinding , diambil dari batu alam yang digali tidak jauh dari Turku .

Bahkan sebelum pekerjaan konstruksi dimulai , Sonck ingin membuat perubahan yang cukup besar untuk desain awal , tapi dewan gereja tidak setuju dengan perubahan yang diusulkan dan pada akhirnya detail perubahan hanya kecil dibuat untuk fasad . Sedangkan untuk interior , Sonck sedikit lebih bebas untuk membuat perubahan dari gambar aslinya . Hal ini jelas terlihat dalam penyimpangan dari gaya asli : Jugend  Gothic dan Nasionalisme Romantik .

Desain interior
Arsitek Max Frelander , yang bekerja sebagai asisten Sonck , telah berkontribusi pada desain interior . Sebuah Jugend ornamen kaya menghiasi kedua interior , tangga dan jendela . Altar mimbar , altar , dan bingkai jendela semuanya terbuat dari batu sungai Finlandia . Motif sentral dari altar adalah salib , di mana dasarnya ada ukiran simetris dua ular . Juga pada  sudut altar terdapat cincin  ular memutar . Bagian atas salib yang dihiasi dengan burung merpati , lambang Roh Kudus . The Jugend jendela podium paduan suara  menggambarkan pinus Finlandia , namun hancur dalam serangan bom selama Perang Musim Dingin Finlandia ( 1939-1940 ) . Gerakan romantis nasional sangat dominan dalam desain podium paduan suara . Motif dari alam Finlandia berhubungan dengan simbolisme Kristen tradisional.



Lukisan-lukisan jendela asli , yang hancur selama Perang Dingin , yang dibuat oleh seniman Willy Baer .  Baru diperbaiki pada tahun 1953 . Ini dirancang dan dilakukan oleh seniman Hilkka Toivola dan Otso Karpakka . Subyek utama dari karya-karya seni  adalah " Gembala yang Baik " dan " Iman , Pengharapan , dan Kasih " yang dibuat di studio lukisan kaca Paris Jean Pierre dan Gaudin .

Gereja Michael mengalami renovasi menyeluruh pada tahun 1980 . Pertama, pekerjaan perbaikan eksterior dilakukan pada 1984-1985 .  Eksterior , bata dan atap benar-benar dibangun kembali . Rekondisi interior dilakukan pada 1985-1987 . Awalnya mimbar  Gereja dikembalikan ke kondisi aslinya . Setelah itu perbaikan utama gereja dan tangga . Langit-langit dan permukaan dinding interior hati-hati dibersihkan dari kotoran. Desain dekoratif yang diperbaiki dan dikembalikan ke asli mereka dan di cat berulang-ulang . Akustik gereja yang telah rusak, diperbaiki . Sehubungan dengan renovasi ini  , restorasi dasar dari 48 pipa organ mekanik yang dibuat di Kangasala pada tahun 1965 juga dilakukan . Pekerjaan itu dilakukan oleh pabrik organ Veikko Virtanen Ltd.  Organ romantik dengan 52 tuts dan 3630 gabungan pipa ini dibangun pada tahun 2002 oleh pabrik organ Grounlund  di Swedia . Kotak organ terbuat dari kayu ek , dan menyerupai kotak organ pertama dari 1907 , yang dirancang oleh Sonck .

Lonceng gereja telah berdenting  dari puncak menara utama sejak tahun 1931 , dan ini adalah hadiah dari Edla dan Hjalmar Aarnio . Reino Lehto membuat hadiah kepada jemaat hiasan model kapal yang tergantung di galeri . Kaarina Lehmussaari , dosen dalam industri tekstil, menyumbangkan  kain untuk hiasan altar baru.


Gereja Michael yang ditahbiskan pada tahun 1905 dan alirannya adalah kristen lutheran injili(evangelist Lutheran). Anda bisa masuk dengan guide yang disediakan oleh gereja setempat.




Katedral Turku  (Turun Tuomio kirkko)

Katedral Turku , terletak di Unikankare Mound , adalah Gereja Nasional Finlandia (dibuat juga sebagai museum nasional) .
Ini adalah gereja pusat Keuskupan Agung Turku dan tempat tinggal dari Uskup Agung Finlandia , Kari Mäkinen . Katedral ini juga dianggap sebagai salah satu catatan penting sejarah arsitektur Finlandia .
Dianggap sebagai bangunan keagamaan terpenting di Finlandia , katedral telah menjadi saksi banyak peristiwa penting dalam sejarah bangsa dan telah menjadi salah satu simbol yang paling dikenal di kota ini . Katedral ini terletak di jantung kota Turku sebelah Lapangan Old Great  , dekat sungai Aura . Keberadaannya melampaui fungsi polisi setempat dengan memiliki suara denting lonceng pada siang hari dan siaran di radio nasional . Katedral ini juga menjadi pusat perayaan Natal tahunan Finlandia .

Katedral ini awalnya dibangun dari kayu pada akhir abad ke-13 , dan didedikasikan (dithabiskan) sebagai katedral utama Finlandia tahun 1300. Setelah diperluas pada abad 14 dan 15 , bangunan utama menggunakan batu sebagai bahan bangunan . Katedral rusak parah selama Kebakaran Besar Turku pada tahun 1827 , dan sebagian besar dibangun kembali setelah itu .


Sejarah
Turku Katedral cross section.
Pada awal nya katedral lebih kecil dari bagian bangunan ini . Depan timurnya adalah tempat mimbar berdiri sekarang , dan atapnya dahulu adalah jauh lebih rendah daripada saat ini . Perluasan dilakukan untuk katedral di seluruh Abad Pertengahan. Selama abad ke-14 podium paduan suara baru ditambahkan , di mana pilar Gothic segi delapan di mimbar ini dibuat  .
Selama abad ke-15 , sisi- kapel yang ditambahkan sepanjang pantai utara dan selatan sisi nave (altar), yang berisi altar yang didedikasikan untuk berbagai orang kudus . Atap - kubah juga meningkat selama bagian akhir abad ke-15 dengan ketinggian sampai 24 meter . Dengan demikian , pada awal era modern , Katedral  telah menyerupai pada bentuk yang sekarang . Kemudian penambahan  utama katedral adalah menara , yang telah dibangun kembali beberapa kali , yang di sebabkan karena  kebakaran hutan yang berulang . Kerusakan terburuk disebabkan oleh Kebakaran Besar Turku pada tahun 1827 , ketika sebagian besar kota itu hancur , ikut juga merusak interior dari kedua menara di nave dan atap menara tua . Puncak menara ini, dibangun setelah kebakaran dasyat , mencapai ketinggian 101 meter di atas permukaan laut , dan terlihat lebih menjulang dari jarak yang cukup sebagai simbol baik katedral maupun kota Turku sendiri .
Sebagian besar interior ini juga berasal dari restorasi yang dilakukan di tahun 1830-an , setelah Kebakaran dasyat.  Altar , menggambarkan Transfigurasi Yesus , dilukis tahun 1836 oleh seniman Swedia Fredrik Westin . Reredos belakang atas Altar   dan mimbar di persimpangan , dibuat tahun 1830-an dan  dirancang oleh arsitek Jerman Carl Ludvig Engel , yang dikenal di Finlandia  karena  beberapa karyanya yang sangat digemari. Dinding dan atap di mimbar yang dihiasi dengan lukisan dinding dalam gaya romantis oleh pelukis pengadilan Robert Wilhelm Ekman , yang menggambarkan peristiwa dari kehidupan Yesus , dan dua peristiwa penting  sejarah Gereja Finlandia yakni : baptisan pertama Kristen Finlandia oleh Uskup Henry pada musim semi di Kupittaa , dan presentasi kepada Raja Gustav Vasa oleh Reformis Michael Agricola seorang penerjemah Finlandia pertama kitab Perjanjian Baru .



Katedral mempunyai tiga organ . Organ utama Katedral dibangun oleh Veikko Virtanen Oy dari Espoo ,Finlandia , pada tahun 1980 dan memiliki jajaran pipa 81 buah dengan system kerja mekanik.
 Untuk visitor seperti admin, gereja ini di buka setiap hari mulai 9:00 pagi - 07:00 malam, kecuali pada saat ibadah. Tentunya untuk masuk tidak dipungut biaya apa-apa  alias gratis.





Evangelism Unlimited: Manasje Malan; Yuli Bonggatasik  Lihat Profile Penulis

NB :Artikel ini sebagai souvenir from Finland (part I) oleh admin special buat semua sahabat jejaring sosial dan semua pembaca.


Artikel Berhubungan
Gereja - Ekklesiologi
Jesus Christ Super Star
Sejarah Singkat GK Jemaat Longori


0 komentar:

Posting Komentar

 
LONGORI PORTAL © 2012-2018. All Rights Reserved. Design by Malan_Family - www.kibaidlongori.org
Top