Evangelism Unlimited

Keputusan Yang Merubah Hidup 2 Raja-raja 5:1-18

Keputusan Yang Merubah Hidup 2 Raja-raja 5:1-18

6 10 99
Keputusan Yang Merubah Hidup 2 Raja-raja 5:1-18 10 6 99

Hidup ini penuh dengan berbagai pilihan dan didalamnya kita dituntut untuk mengambil keputusan. Dalam mengambil keputusan ada banyak pertimbangan yang harus dipikirkan agar keputusan yang kita ambil membawa dampak positif.Ini adalah anjuran yang harus kita terapkan dalam kehidupan kita, agar keputusan menjadi sedikit lebih fokus untuk mendapatkan hasil memuaskan.

I. Belajar mendengarkan nasehat orang lain. (ayat 2-7)
2 Raj. 5:3
Berkatalah gadis itu kepada nyonyanya: "Sekiranya tuanku menghadap nabi yang di Samaria itu, maka tentulah nabi itu akan menyembuhkan dia dari penyakitnya."(TB)
Naaman seorang perwira tinggi yang sangat terhormat, dengan jabatan tersebut maka tidak sembarang ia menerima informasi yang tidak penting, apalagi dari seorang hamba bahkan lebih dari itu seorang anak kecil.Naaman mendapatkan hikmat untuk mendengarkan nasehat, ia bahkan antusias untuk melakukan. Bagaimana kalau terjadi dalam hidup kita, mungkin saja kita berkata "namanya anak kecil, belum tau apa-apa?". Ini realita yang terjadi, karena terkadang kita terlalu egois untuk mendengarkan nasehat dari orang disekitar kita.

II. Menyingkirkan Kesombongan (ayat 9-14)

2 Raj. 5:12
Bukankah Abana dan Parpar, sungai-sungai Damsyik, lebih baik dari segala sungai di Israel? Bukankah aku dapat mandi di sana dan menjadi tahir?" Kemudian berpalinglah ia dan pergi dengan panas hati.(TB)
Dari pemikiran Naaman ia tidak dihargai Elisa, ia hanya ditemui oleh suruhan, ia disuruh mandi disungai Yordan, semuanya itu membuatnya seperti sangat direndahkan sebagai seorang petinggi.
Tetapi jika ditinjau dari sudut pandang rohani, Allah sedang memproses Naaman untuk menyingkirkan kesombongan agar menikmati berkat kesembuhan. Ketaatan Naaman menjadi jembatan pemulihan bagi dirinya sekaligus melalui ketaatan tersebut menunjukkan adanya kesadaran rendah hati dalam diri Naaman. Kesombongan (ingin disanjung) adalah penghambat berkat pemulihan dalam hidup kita, jadi pembaca  harus tahu apa yang harus dilakukan.

III. Mempersembahkan hidup kepada Tuhan (ayat 15-18)
2 Raj. 5:17
Akhirnya berkatalah Naaman: "Jikalau demikian, biarlah diberikan kepada hambamu ini tanah sebanyak muatan sepasang bagal, sebab hambamu ini tidak lagi akan mempersembahkan korban bakaran atau korban sembelihan kepada allah lain kecuali kepada TUHAN.(TB)
Dihadapan Elisa, Naaman menganggap dirinya "hamba" sehingga menyatakan bahwa ia merendahkan diri di hadapan wakil Tuhan.Tekad Naaman untuk mempersembahkan hidupnya kepada Allah membuktikan bahwa ia sungguh-sungguh mengalami perubahan hidup yakni meninggalkan kepercayaan lama dan mengarahkan hidupnya kepada Allah.

Dapatkan hasil yang memuaskan!!!

By : Pdt Aris Mangosa, STh    Lihat Profile Penulis
Editing: Administrator

Baik Untuk Dibaca
Langkah Menuju Kemenangan
Apa Yang Perlu Diisi Dalam Hidup Yang Pendek Ini
Sejarah Tugas Pokok Penatua Dan Diaken
Mempraktekkan Pola Hidup Yang Layak

0 komentar:

Posting Komentar

 
LONGORI PORTAL © 2012-2018. All Rights Reserved. Design by Malan_Family - www.kibaidlongori.org
Top