Evangelism Unlimited

PENGORBANAN YANG ME-MERDEKA-KAN

PENGORBANAN YANG ME-MERDEKA-KAN

6 10 99
PENGORBANAN YANG ME-MERDEKA-KAN 10 6 99
(Yesaya 53:1-5 & Yesaya 53:10) 
Puncak karya Tuhan Yesus adalah pengorbanannya di kayu salib, dan tujuan hakiki atas pengorbanannya adalah:
1.Untuk memerdekakan orang percaya dari "kutuk taurat",
Gal. 3:13
Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!"(TB)

Kitab Perjanjian Lama kita ketahui menekankan tentang Hukum Taurat. Dan Manusia diadili pula oleh Hukum Taurat. Hukuman atas pelanggaran kita terhadap Taurat telah berlalu atas Penyaliban Yesus, sehingga taurat tidak lagi menghukum orang percaya.
Melalui kematian dan pengorbanan Yesus orang percaya dapat dibebaskan dan dimerdekakan dari hukum Taurat. Sebab hukum taurat tidak sanggup memulihkan hubungan antara manusia (general) dan Umatnya.
Rom. 6:10
Sebab kematian-Nya adalah kematian terhadap dosa, satu kali dan untuk selama-lamanya, dan kehidupan-Nya adalah kehidupan bagi Allah.(TB) Jadi pengorbanan Yesus di kayu salib adalah pengorbanan untuk kemerdekaan setiap orang percaya dari perhambaan /perbudakan dosa. Darah Yesus yang telah tertumpah itu adalah materai bagi hidup orang percaya kini dan di akhirat.

2. Untuk memerdekakan orang percaya dari surat "hutang Taurat"
Kol. 2:13-14
Kamu juga, meskipun dahulu mati oleh pelanggaranmu dan oleh karena tidak disunat secara lahiriah, telah dihidupkan Allah bersama-sama dengan Dia, sesudah Ia mengampuni segala pelanggaran kita, dengan menghapuskan surat hutang, yang oleh ketentuan-ketentuan hukum mendakwa dan mengancam kita. Dan itu ditiadakan-Nya dengan memakukannya pada kayu salib:(TB)
Kutuk atas pelanggaran telah dihapuskan Tuhan Yesus kristus di atas kayu salib, juga Rasul Petrus katakan kita telah dibayar dengan harga yang lunas, bukan dengan perak atau emas, tetapi dengan "DarahNya sendiri, darah yang mahal" I petrus 1:18-19
Tanpa pengorbananNya kita tidak akan pernah Merdeka dari hutang taurat. Jadi dengan pengorbanan Tuhan Yesus merupakan jaminan pengharapan kita. Karena itu anak-anak Tuhan wajib hidup sebagai orang merdeka dan pantang untuk menyalahgunakan kemerdekaan itu

3. Pengorbanan Tuhan Yesus adalah juga untuk meruntuhkan tembok pemisah antara orang Israel dan non Israel Efesus 2 : 11-22
Efe. 2:12
bahwa waktu itu kamu tanpa Kristus, tidak termasuk kewargaan Israel dan tidak mendapat bagian dalam ketentuan-ketentuan yang dijanjikan, tanpa pengharapan dan tanpa Allah di dalam dunia.(TB)
Kematian Tuhan Yesus membuka kesempatan bagi semua orang untuk memperoleh anugerah keselamatan. Yohanes 3:16 menyatakan bahwa kematian dan pengorbanan Tuhan Yesus sebgai wujud kasihNya yang dalam pada manusia dan berpotensi untuk keselamatan semua orang. Namun penerapannya terbatas "kecuali kepada yang merespon menerima-Nya"
Karena itu terimalah anugerah ini sebagai peluang untuk menikmati kemerdekaan sejati yakni " Kemerdekaan yang kekal"

by : Pdt. Piter Pakka Ra'bung, M.Konseling  Lihat Profile Penulis

Baca Juga
Langkah Menuju Kemenangan

0 komentar:

Posting Komentar

 
LONGORI PORTAL © 2012-2018. All Rights Reserved. Design by Malan_Family - www.kibaidlongori.org
Top