Evangelism Unlimited

Aktifkan Penyerahan Diri Kepada Tuhan

Aktifkan Penyerahan Diri Kepada Tuhan

6 10 99
Aktifkan Penyerahan Diri Kepada Tuhan 10 6 99
Lukas 1:26-48
Dalam injil matius ada 5 wanita yang disebutkan yakni Tamar, Rahab,Rut, Betsyeba dan Maria. Dan menurut sejarahnya semua telah dipakai Tuhan untuk menggenapi rencana penyelamatan manusia. Dalam kedaulatan Allah  bagi manusia, Ia telah memilih seorang perempuan yang benar dan beriman untuk melahirkan Yesus yakni Maria.

Kita bisa melihat cara (model) kehidupan  Maria yang selalu aktif menyerahkan diri kepada Tuhan
1. Memiliki keyakinan akan Panggilan Tuhan (ayat 38)
Luk. 1:38
Kata Maria: "Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu." Lalu malaikat itu meninggalkan dia.(TB)
Malaikat Gabril mendatangi Maria dengan agenda khusus dalam proses penyelamatan manusia dan respon yang dimunculkan yakni ia yakin akan tugas tersebut serta mengandalkan semuanya kepada yang kuasa.
Kadang-kadang tugas mulia itu telah ada didepan mata tapi banyak yang ragu ketika sudah mulai berjalan, keraguan itu menjadi wajar jika kita mengandalkan gagah dan kuat manusia tanpa berserah pada pimpinan Tuhan. Banyak dari kita telah mengalami pengalaman bagaimana Tuhan bekerja pada saat tidak mungkin bagi manusia dan sudah menjadi kesaksian bagi tiap orang, namun ini kadang terlupakan begitu cobaan menghampiri kembali.Berdoa dan bangkit untuk selalu balik kepada pimpinan Tuhan.

2. Melaksanakan kehendak Allah dengan sepenuh hati (ayat30-37)

Luk. 1:30-37
Kata malaikat itu kepadanya: "Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah. Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus. Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya, dan Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya dan Kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan." Kata Maria kepada malaikat itu: "Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami?" Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah. Dan sesungguhnya, Elisabet, sanakmu itu, iapun sedang mengandung seorang anak laki-laki pada hari tuanya dan inilah bulan yang keenam bagi dia, yang disebut mandul itu. Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil."(TB)
Dalam ayat diatas disebutkan bahwa Allah berada dibalik kehidupan Maria, Allah menopang kehidupan orang percaya agar tetap tegak dan rencana Allah tergenapi dalam kehidupan.
Nampak kualitas penyerahan diri Maria yakni :
a. Penyerahan diri untuk menerima tanggung jawab dari Allah
b. Penyerahan diri untuk mempercayakan diri pada Allah dan tetap bergantung padaNya.

3. Memiliki jiwa penyembahan (ayat 46-48)
Luk. 1:46-48
Lalu kata Maria: "Jiwaku memuliakan Tuhan, dan hatiku bergembira karena Allah, Juruselamatku, sebab Ia telah memperhatikan kerendahan hamba-Nya. Sesungguhnya, mulai dari sekarang segala keturunan akan menyebut aku berbahagia,(TB)
Ada beberapa kesulitan dalam kehidupan maria :
- takut karena mengandung dari roh Kudus
- Susah payah mencari tempat untuk melahirkan
- Dibayangi kekejaman herodes
- Menyaksikan kesengsaraan dan kematian yesus
Dari point tersebut, "mungkin" bagi kita sekarang terlalu berat. Dan ada hal yang unik dari kehidupan Maria, Ia tetap setia pada Allah, tidak bersungut-sungut dan tetap memuliakan Tuhan. Masih bisakah kita memiliki model kehidupan seperti ini??

By : Pdt. Aris Mangosa, STh    Lihat Profile Penulis
Editing : Administrator

Baik Untuk Dibaca
Peran Ibu Sebagai Orang Tua Tunggal
Kualitas Rohani Pengikut Kristus

0 komentar:

Posting Komentar

 
LONGORI PORTAL © 2012-2018. All Rights Reserved. Design by Malan_Family - www.kibaidlongori.org
Top