Evangelism Unlimited

Gereja Yang Sehat

Gereja Yang Sehat

6 10 99
Gereja Yang Sehat 10 6 99


Efesus 5:15;2Tim 3:16;Ibrani 10:25
Waktu umumnya menjawab ketika tiba pada saatnya,  pertumbuhan Gerejapun akan nampak dengan berjalannya waktu.Namun ada dua parameter umum untuk melihat apa sebuah gereja bertumbuh secara sehat. Pembaca sudah bisa menebak parameter tersebut yakni kuantitas dan kualitas, nah penulis akan
membahas dari segi kualitas sebuah persekutuan (gereja) sehat.

Apa ciri-ciri gereja sehat???
1. Gereja yang dikendalikan Firman Allah (2 Tim 3:16)

Gereja yang dikendalikan Firman adalah gereja yang berpusat pada Kristus(kristosentris). Persekutuan dan pribadi haruslah mengetahui bahwa kristus-lah sebagai kepala atau nakhoda, bukan seorang pendeta, penatua, diaken ataukah yang dituakan seperti kadang-kadang jadi pengertian anak-anak sekolah minggu jaman dahulu?
Gereja yang dikendalikan Firman ini haruslah memiliki anggota yang haus akan firman dan mempraktekkan dalam kehidupan sehari-harinya agar menjadi kesaksian (buah roh) yang hidup buat semua orng.

2. Gereja yang aktif dalam Persekutuan (Ibrani 10:25)

Peringatan penulis surat ibrani yaitu janganlah kamu menjauhkan diri......
yang artinya Gereja yang sehat harus hidup dalam kesatuan dan kebersamaan sebagai sesama tubuh Kristus. Sering dalam persekutuan kita mengalami perbedaan pendapat (selisih), tapi kalau kita cerna dari point awal bahwa gereja berpusat pada kristus maka akan kita ketahui bahwa semua untuk kemuliaan Tuhan. Kita juga harus mengetahui bahwa perbedaan itu penting untuk mendapatkan yang lebih baik, bukan sebaliknya kita harus menjauh karena pendapat yang tidak diterima.
Saya pernah membaca sebuah ilustrasi, Di sebuah gereja besar yang beranggotakan jemaat yang jumlahnya cukup banyak, namun minggu-minggunya hanyalah diisi kaum manula. Gereja ini akan penuh sesak pada saat natal, perkawinan ataukah kematian yang ditandai lonceng gereja bergema. Gembala selalu berdoa agar Tuhan memberikan jalan supaya jemaatnya rindu untuk melayani Tuhan. Suatu ketika lonceng bergema bukan pada hari minggu, menandakan bahwa ada peristiwa yang terjadi, jemaat datang saling bertanya apa yang terjadi? Jemaat berkumpul dan melihat ada peti mati di depan mimbar, mereka akhirnya mengikuti ibadah sambil bertanya dalam hati siapa anggota jemaat yang telah dipanggil Tuhan??? Setelah ibadah maka Pendeta memberikan kesempatan jemaat  berbaris melihat untuk terakhir kalinya sebelum dikuburkan.
Semua Jemaat yang maju terdiam setelah tiba di peti mayat tanpa ekspresi, mereka keluar tanpa memberitahukan barisan dibelakang siapa yang telah meninggal. Diluar gereja mereka menangis dan bercakap-cakap bahwa selama ini telah lupa Tuhan (mati rohani), mereka harus berubah di hari kedepan.
Ternyata Pendeta gereja  menaruh cermin dalam peti mayat tersebut dan ketika jemaat maju tidak ada jasad yang mereka temukan melainkan wajah sendiri yang terpantul dari cermin.
Waw suatu ilustarasi yang tidak perlu terjadi di gereja kita bukan???

3. Gereja yang dipimpin Roh Kudus Efesus 5:18
Ciri ini adalah Gereja yang mau melayani/menginjil, bukan karena memegang peranan yang strategis maka kita harus dilayani! Pelayanan itu bisa berupa apa saja yang bisa membuat orang menjadi lebih baik. Pelayanan gereja erat kaitannya dalam point kedua yakni menjadi bagian dalam persekutuan dan bertanggung jawab didalamnya.

4. Gereja Yang memuji Allah (efesus 5:19-21)

Ciri ini kelihatan dalam bentuk puji-pujian. Gereja mempunyai lagu-lagu yang dikidungkan (gereja injili NKI). Lagu ini tentunya mempunyai makna yang begitu dalam waktu diciptakan, yang perlu pembaca lakukan hanyalah bernyanyi dengan sepenuh hati untuk memulikan kebesaran Tuhan.
Selain itu gereja yang memuji Allah jika selalu ada pengucapan syukur kepada sang Pencipta dalam bentuk apapun sebagai tanda bahwa kita adalah umat ketebusan

By : Pdt.Aris Mangosa,STh  Lihat Profile Penulis
Editing by: Administrator  

Baik Untuk Dibaca
Sejarah Tugas Pokok Penatua dan Diaken
Kuasa Doa Orang Percaya

0 komentar:

Posting Komentar

 
LONGORI PORTAL © 2012-2018. All Rights Reserved. Design by Malan_Family - www.kibaidlongori.org
Top