Evangelism Unlimited

Mengapa Dunia Membenci Kekristenan

Mengapa Dunia Membenci Kekristenan

6 10 99
Mengapa Dunia Membenci Kekristenan 10 6 99

Yohanes 15:18-25; 16:1-4a 


Tema ini penulis angkat untuk menjawab pertanyaan sebagian orang tentang "mengapa dunia dengan sistem yang ada membenci pengikut Tuhan?"
Dunia yang dimaksudkan disini adalah semua orang yang menjadi bagian masyarakat yang tidak mengenal Allah.

Ada beberapa alasan yang Tuhan Yesus berikan dalam teks ini :
1. Karena kita di identifikasikan dengan Kristus (Yohanes 15:18,20)

Yoh. 15:18
"Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu.(TB)
Yoh. 15 :20
Ingatlah apa yang telah Kukatakan kepadamu: Seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya. Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu; jikalau mereka telah menuruti firman-Ku, mereka juga akan menuruti perkataanmu.(TB)
Dalam perikop ini ada 7 kali kata membenci, dan karena dunia membenci kristus maka dunia pun membenci orang-orang yang diidentifikasikan dengan Dia.
Identifikasi ini dapat digambarkan tentang hubungan Kristus dangan kita yakni:
a. Kristus gembala dan kita adalah domba-dombaNya
b. Kristus guru dan kita adalah murid-muridNya
c. Kristus Kepala dan kta anggota-anggotaNYa
Identifikasi ini menjadikan Kristus akan selalu hadir pada saat apa yang kita rasakan, ada cerita yang sangat mencekam dalam kisah para rasul 9:4"Saulus-Saulus mengapa engkau menganiaya Aku", Ia begitu mencintai kita yang percaya kepadaNya sehingga akan hadir untuk memberi kekuatan pada kita disaat saat yang sangat pahit.

2. Karena kita bukan dari dunia (Yoh 15:19)
Yoh. 15:19
Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu.(TB)
Sistem dunia bekerja berdasarkan "penyesuaian" dan selama seseorang mengikuti trend dan gaya serta menerima nilai-nilai duniawi maka ia akan diterima. Trend dan gaya zaman sekarang umumnya tidak lagi bersifat dari surgawi tetapi dunia lebih mementingkan dirinya dengan pemenuhan nafsu melalui ego atau materialisme. Bagi orang percaya menolak untuk serupa dengan duniawi (roma 12:2)

3. Karena dunia buta rohani (yoh 15 : 21)
Yoh. 15:21
Tetapi semuanya itu akan mereka lakukan terhadap kamu karena nama-Ku, sebab mereka tidak mengenal Dia, yang telah mengutus Aku.(TB)
Buta rohani disini digambarkan pada orang-orang yang tidak mengenal Bapa karena tidak mengenal Anak, mereka buta rohani karena iblis membutakan mata rohani mereka (2 Kor 4:3-4).Dan sekalipun dunia tahu, ia akan menyangkal Anak sehingga tidak lagi mengenal Bapa, nah sekarang kita telah mengenal anak dan akan kah kita akan menyangkalNya karena alasan jabatan, materi atau pasangan hidup??

4. Karena Dunia tidak mau jujur tentang dosanya (Yoh 15:22-25)
Yoh. 15:22-25
Sekiranya Aku tidak datang dan tidak berkata-kata kepada mereka, mereka tentu tidak berdosa. Tetapi sekarang mereka tidak mempunyai dalih bagi dosa mereka! Barangsiapa membenci Aku, ia membenci juga Bapa-Ku. Sekiranya Aku tidak melakukan pekerjaan di tengah-tengah mereka seperti yang tidak pernah dilakukan orang lain, mereka tentu tidak berdosa. Tetapi sekarang walaupun mereka telah melihat semuanya itu, namun mereka membenci baik Aku maupun Bapa-Ku. Tetapi firman yang ada tertulis dalam kitab Taurat mereka harus digenapi: Mereka membenci Aku tanpa alasan.(TB)
Penekanan Yesus dalam 4 ayat ini adalah "perkataan dan pekerjaanNya" dan dunia tidak berdalih lagi tentang dosa mereka tetapi meraka tidak mau lagi mengakui kebenaran itu. Alasannya sangatlah simpel yakni dunia tidak mau lagi jujur tentang dosanya, dan ketika orang-orang membunuh milik kristus atas nama agama maka dunia akan bertopeng dalam dosa  yang menjadikan noda hitam dalam sejarah.

By : Pdt Aris Mangosa,STh  Lihat Profile Penulis
Editor : Administrator
 
 Menarik Untuk Dibaca
Kualitas Rohani Pengikut Kristus
Langkah Menuju Kemenangan

0 komentar:

Posting Komentar

 
LONGORI PORTAL © 2012-2018. All Rights Reserved. Design by Malan_Family - www.kibaidlongori.org
Top