Evangelism Unlimited

Wanita Yang Produktif (Kartini Masa Sekarang) kejadian 29:9-12

Wanita Yang Produktif (Kartini Masa Sekarang) kejadian 29:9-12

6 10 99
Wanita Yang Produktif (Kartini Masa Sekarang) kejadian 29:9-12 10 6 99


Selagi ia berkata-kata dengan mereka, datanglah Rahel dengan kambing domba ayahnya, sebab dialah yang menggembalakannya. Ketika Yakub melihat Rahel, anak Laban saudara ibunya, serta kambing domba Laban, ia datang mendekat, lalu menggulingkan batu itu dari mulut sumur, dan memberi minum kambing domba itu. Kemudian Yakub mencium Rahel serta menangis dengan suara keras. Lalu Yakub menceritakan kepada Rahel, bahwa ia sanak saudara ayah Rahel, dan anak Ribka. Maka berlarilah Rahel menceritakannya kepada ayahnya.(TB)

Memperingati hari kartini, kita akan selalu mengingat seorang perempuan yang berusaha memperjuangkan hak untuk disetarakan dalam berbagai bidang. Tokoh ini sebenarnya sudah ada sebelumnya dalam cerita alkitab. Rahel dalam kitab kejadian adalah sosok wanita yang tangguh dalam
menjalani hidupnya. Arti kata Rahel adalah domba betina yang melambangkan kekayaan dari seekor binatang. Apa saja yang bisa dimanfaatkan pada domba??? Bulu digunakan sebagai bahan woll, daging yang dikonsumsi, kulit dipakai sebagai tenda dan rebana, susu yang bisa diminum dan dibuat keju, tanduk sebagai alat musik serta kotorannya sebagai pupuk tanaman.

Ada beberapa tipikal Rahel yang patut di contoh dalam kehidupan wanita masa kini
:

1. Sebagai Perempuan pekerja keras ayat 9 

Rahel jaman itu sering menggembalakan kambing domba ayahnya dan ia begitu memperhatikan apa yang dikerjakannya. Dibutuhkan kekuatan fisik dan keberanian menghadapi bahaya dalam pekerjaannya. Rahel tidak suka berpangku tangan dan bersolek, tetapi suka bekerja keras sehingga ia dikatakan lebih elok sikapnya. Bagaimana mengikuti teladan Rahel dengan tipikal seperti ini? Tiada lain hanya menjadi ibu atau perempuan yang bekerja keras dan pantang menyerah.

2.Tidak suka menunda-nunda sesuatu ayat 12

Disebutkan bahwa Rahel berlari menceritakan kepada ayahnya, sikap ini melambangkan bagaimana ia segera menuntaskan informasi yang diberikan kepadanya. Apa yang bisa dikerjakan sekarang, jangan tunggu hari esok karena esok bisa ada lagi yang bisa diselesaikan mungkin lebih penting.
Jaman ini banyak sekali terjadi ketika kita bersekolah senang menunda tugas yang diberikan ataulah belajar, selalu menganggap semuanya mudah, padahal jika dikerjakan sesegera mungkin maka makin mudahlah kita mencari penyelesaiannya

3.Mampu bekerja sama dalam satu tim

Diceritakan bahwa Yakub akan selalu didampingi Rahel dalam menggembalakan kambing domba, Rahel menjadi istri yang mendukung suaminya sehingga menghasilkan sesuatu yang memuaskan. Istri haruslah menjadi pendamping yang tahu tugas dan tanggung jawabnya, terlebih mendukung suami dalam hal-hal yang baik serta selalu menjadi pengingat ketika dalam keluarga ada yang keluar jalur yang difirmankan Tuhan

Ketiga hal diatas patut dilaksanakan bagi wanita-wanita jaman sekarang, tanpa memandang status anda dimasyarakat!Selamat hari kartini!

By : Pdt. Aris Magosa, STh  Lihat Profile Penulis
Editing : Administrator

Baik Untuk Dibaca
Peran Ibu Sebagai Orang Tua Tunggal

0 komentar:

Posting Komentar

 
LONGORI PORTAL © 2012-2018. All Rights Reserved. Design by Malan_Family - www.kibaidlongori.org
Top