Evangelism Unlimited

Langkah Menuju Kemenangan (Motivasi) Ibrani 12 : 1; Yosua 1:2

Langkah Menuju Kemenangan (Motivasi) Ibrani 12 : 1; Yosua 1:2

6 10 99
Langkah Menuju Kemenangan (Motivasi) Ibrani 12 : 1; Yosua 1:2 10 6 99

Menjadi Pemenang (penyelesai tindakan) dalam setiap event adalah kerinduan setiap orang.
Namun beberapa orang tidak menjadi pemenang dalam satu event karena tidak ada tindakan atau mau berkompetisi.Sebenarnya apa sih prinsip-prinsip untuk mencapai kemenangan?
Berikut tips yang harus jemaat perhatikan :

1. Jemaat harus memutuskan segala ikatan yang menghambat (ibrani 12:1)

Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita.(TB)
a. Ikatan itu adalah beban dan dosa masa lalu, dimana dia selalu mengikuti pikiran dan perasaan jemaat tanpa ada penyelesaian. Gunakan komunikasi dengan orang-orang (gembala atau tua jemaat) yang dianggap bisa membantu anda.
b. Setelah anda lewati ikatan itu, jemaat harus memprioritaskan Tuhan dalam segala hal (yosua 24:15). Hal itu berupa apa saja baik pendidikan maupun pekerjaan. Banyak kasus dalam jemaat yang tidak bisa beribadah di hari minggu karena pekerjaan yang mengikat, namun kita diberi kebijakan waktu yang banyak, supaya kita tetap dapat beribadah diwaktu yang berbeda pada hari yang sama.

2.Jemaat harus Mengaktifkan semua potensi yang dimiliki (I sam 17:34-35)

Tetapi Daud berkata kepada Saul: "Hambamu ini biasa menggembalakan kambing domba ayahnya. Apabila datang singa atau beruang, yang menerkam seekor domba dari kawanannya, maka aku mengejarnya, menghajarnya dan melepaskan domba itu dari mulutnya. Kemudian apabila ia berdiri menyerang aku, maka aku menangkap janggutnya lalu menghajarnya dan membunuhnya.(TB)

Daud menghargai dan mengaktifkan semua potensi yang dimilikinya, Ia percaya diri dalam berkarya.Hanya saja bagaimana kita mengetahui potensi yang ada dalam diri kita sendiri? Pertanyaan ini pernah dijawab oleh seorang dosen STT(Sekolah Tinggi Theologia) Tenggarong, kalimantan, bahwa semua yang kita senangi perbuat (baik) dan dapat memberi kegunaan bagi Tuhan dan sesama manusia, itulah yang disebut potensi (talenta).
Nah penjelasan diatas memberitahukan kita untuk mengetahuinya dari saat ini, bila sampai sekarang anda belum ketahui talenta apa yang jemaat miliki.

3. Jemaat harus memiliki mental Pemenang (kel 4:10-13) 

Lalu kata Musa kepada TUHAN: "Ah, Tuhan, aku ini tidak pandai bicara, dahulupun tidak dan sejak Engkau berfirman kepada hamba-Mupun tidak, sebab aku berat mulut dan berat lidah." Tetapi TUHAN berfirman kepadanya:

"Siapakah yang membuat lidah manusia, siapakah yang membuat orang bisu atau tuli, membuat orang melihat atau buta; bukankah Aku, yakni TUHAN? Oleh sebab itu, pergilah, Aku akan menyertai lidahmu dan mengajar engkau, apa yang harus kaukatakan." Tetapi Musa berkata: "Ah, Tuhan, utuslah kiranya siapa saja yang patut Kauutus."(TB)

Dari bacaan diatas terungkap bahwa Musa bukanlah negosiator ulung, ataukah mungkin sedikit "gagap" (secara fisik). Namun Tuhan membangkitkan kembali mental Musa sehingga dia tidak melemahkan dirinya sendiri bahkan menjadi pemenang.

4. Menetapkan target (gol) yang hendak dicapai (yosua 1:2) 

"Hamba-Ku Musa telah mati; sebab itu bersiaplah sekarang, seberangilah sungai Yordan ini, engkau dan seluruh bangsa ini, menuju negeri yang akan Kuberikan kepada mereka, kepada orang Israel itu.(TB)

Jemaat harus punya cita-cita yang harus dicapai supaya tetap fokus untuk mendapatkan yang maksimal. Tentunya hasil yang diperoleh semuanya untuk kemajuan pelayanan dimana saudara melayani!!!!

By    : Pdt. Aris Mangosa     Lihat Profile Penulis
Editing    : Administrator

Penting untuk dibaca
Kualitas Rohani Pengikut Kristus

0 komentar:

Posting Komentar

 
LONGORI PORTAL © 2012-2018. All Rights Reserved. Design by Malan_Family - www.kibaidlongori.org
Top