Evangelism Unlimited

6 10 99
10 6 99
PERAN IBU SEBAGAI ORANG TUA TUNGGAL DALAM PENDIDIKAN ROHANI ANAK


Renuangan Single Parent

Keluarga merupakan tempat pendidikan yang pertama dan terutama.
Karena terbentuknya individu-individu yang bermoral dan berakhlak mulia dimulai dalam sebuah keluarga . Iklim keluarga yang hangat dan kondusif dalam keluarga menjadi salah satu faktor utama yang mempengaruhi
pertumbuhan anak-anak baik jasmani terlebih rohani. Inilah yang menjadi tanggung jawab orang tua.

Namun demikian ada satu peristiwa yang kadang tak terelakkan terjadi adalah perpisahan orang tua. Perpisahan yang terjadi pada kedua orang tua dapat membawa akibat yang buruk bagi anak.Harus disadari bahwa bukanlah perkara yang mudah ketika seorang wanita harus memiliki status single parent. Dia akan diperhadapkan dengan stikma sosial sebagai "janda" dan akan mengalami masalah dalam lingkungan pergaulan. Hal ini pasti membawa tantangan tersendiri tetapi ia berusaha untuk menerima keadaan dirinya dan memberikan penjelasan kepada anaknya.


* Faktor terjadinya status ibu tunggal
Seorang ibu menjadi single parent dapat disebabkan banyak hal, bukan hanya kematian dan perceraian tetapi bisa juga karena suami tugas diluar kota/ daerah dalam jangka waktu yang lama. Dari hal tersebut diatas penyebab terberat bagi seorang ibu yang menjadi single parent adalah perceraian. Karena perceraian akan menggoreskan rasa sakit bagi seorang istri.

* Peran ibu sebagai orang tua tunggal
Sebagai orang tua tunggal ibu harus mengutamakan pendidikan rohani anak agar anak-anaknya memiliki bekal hidup yang benar. Untuk mencapai tujuan ini, seorang ibu harus memiliki kehidupan rohani yang baik agar menjadi teladan bagi anak-anaknya.

Beberapa peran sebagai orang tua tunggal

a. Mengasuh

Pengasuhan anak merupakan sebuah seni yang perlu di praktekkan agar dapat berkualitas. (majalah mitra 2007 hal. 13)

 Beberapa pola pengasuh yang dapat dilakukan adalah :
- Membangun harga diri anak
Seorang anak memiliki kebutuhan untuk dihargai, oleh sebab itu seorang ibu harus sabar mendengarkan ketika anaknya mengatakan sesuatu.
- Memberi teladan
Seorang anak lebih mudah mengadopsi perilaku orang tuanya, sebab itu harus menjadi teladan bagi anak-anaknya.

b. Menafkahi
Ibu sebagai orang tua tunggal pasti memiliki tuntutan yang sangat berat  karena harus bekerja untuk menafkahi keluarganya. Seorang ibu tidak boleh rapuh atau labil. Firman Tuhan katakan " Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaanNya dalam Kristus Yesus (filipi 4 :19). Dengan penyerahan kepada Tuhan, maka janji Allah dalam firmanNya akan direalisasikan. Tuhan akan bertanggung jawab atas kehidupannya.

Kesimpulan:

Tidak ada seorang ibu yang menginginkan menjadi orang tua tunggal, namun jika hal tersebut Tuhan ijinkan terjadi maka seorang ibu tidak bisa lari dari kenyataan. Ia harus menjalaninya dengan penyerahan diri kepada Tuhan yang tetap melaksanakan tanggung jawabnya sebagai orang tua dalam mendidik anak-anaknya melalui keteladanan dan kedisiplinan hidup.

By : Pdt. Aris Mangosa,STh    Lihat profile penulis
Editing : Administrator


Baca juga :
Menikmati Kehadiran Anak-Anak Selagi Bisa
Menjadi Istri Yang Taat Seperti Jemaat Kepada Kristus




0 komentar:

Posting Komentar

 
LONGORI PORTAL © 2012-2018. All Rights Reserved. Design by Malan_Family - www.kibaidlongori.org
Top