Evangelism Unlimited

6 10 99
10 6 99
Tiada Hasil Tanpa Tujuan



Semua orang ingin sukses. Namun, kenyataannya tidak banyak orang menjadi sukses. Mengapa? Mereka tidak memiliki tujuan yang jelas. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang memiliki tujuan yang jelas meraih sukses lebih cepat ketimbang mereka yang tidak memilikinya.

Hampir 97 persen manusia di dunia hidup tanpa tujuan apa pun atau samar-samar. Mereka tidak bisa melihat tujuan mereka dengan jelas dan tepat. Beberapa dari mereka terlalu sibuk bekerja sehingga kehilangan pandangan akan tujuan mereka. Mereka seperti orang yang sedang melempar anak panah ke sebuah papan tembak dengan mata tertutup. Usaha yang sia-sia.

Bagaimana dengan Anda? Apakah tujuan Anda? Sudahkah Anda dengan jelas menulis tujuan Anda? Apakah Anda membaca dan mengulas tujuan Anda setiap pagi agar Anda selalu teringat tujuan tersebut? Jika ya, Anda sedang menuju jalan meraih sukses. Jika tidak, saya sangat merekomendasikan Anda untuk memulai menulis tujuan Anda.


SEGERA PULANG
Suatu hari, seorang pria ditelepon istrinya. Ia diberi tahu bahwa anak mereka yang berusia dua tahun mengalami kecelakaan dan dahinya terluka. “Segeralah pulang,” pinta istrinya. Biasanya, pria ini membutuhkan waktu 1-2 jam dalam perjalanan. Saat membayangkan anaknya menangis dalam kesakitan, ia mulai memaksakan diri untuk pulang lebih cepat. Usahanya tidak sia-sia. Dalam waktu satu jam, ia telah sampai ke rumah. Istrinya kaget, “Bagaimana bisa sampai di rumah 30 menit lebih cepat?” Dia menjawab, “Aku mengebut, mendesak, mengambil jalan pintas, bergerak lebih cepat dari biasanya, apa pun yang diperlukan untuk tiba lebih cepat.”

Ketika Anda memiliki tujuan yang jelas, secara otomatis Anda memiliki urgensi yang lebih kuat. Ketika Anda ingin meraih tujuan lebih cepat, otomatis Anda menemukan cara yang lebih baik dan cepat untuk meraih tujuan. Dengan kata lain, Anda dapat meraih sukses lebih cepat.

Tentu butuh kerja keras dan pengorbanan untuk meraih tujuan tersebut. Sering kali Anda benar-benar letih dan frustrasi, lalu bertanya, “Mengapa aku melakukan semua ini? Apa yang akan kudapatkan? Apakah semua waktu ini layak untuk dikorbankan?”

Oleh karena itu, sebelum memulai usaha ini, Anda terlebih dulu harus mengetahui mengapa Anda ingin meraihnya. Jika alasan Anda tidak jelas,  tidak kuat, dan tidak menimbulkan emosi yang bercampur aduk dalam diri Anda (gembira, senang, sukacita, takut, dll.), kemungkinan besar Anda akan gagal.

Salah satu contoh, jika saya memasukkan kepala Anda ke dalam air dan menahannya hingga Anda kehabisan udara, serta masih menahannya, Anda akan berjuang sekuat tenaga agar dapat keluar dari air dan bisa menghirup udara. Anda membutuhkan udara, itulah sebabnya Anda berusaha keras untuk mendapatkannya. Jawaban dari ‘mengapa’ Anda ingin mencapai tujuan Anda, harus sama kuat seperti urgensi Anda mendapatkan udara.

Kesimpulannya, ‘apa’ dan ‘mengapa’ tujuan Anda adalah dua prinsip dasar dari penetapan tujuan – langkah pertama menjadi sukses. Kerja keras saja kurang. Hal itu baik, tapi belum cukup. Itulah sebabnya, kita melihat orang-orang yang bekerja keras, tidak meraih tingkatan sukses mana pun.
Sumber: Majalah Bahana, Januari 2012

0 komentar:

Posting Komentar

 
LONGORI PORTAL © 2012-2018. All Rights Reserved. Design by Malan_Family - www.kibaidlongori.org
Top